Wanita Harus Mempersiapkan Kehamilan Sejak Remaja

Bayi yang lahir dari seorang ibu kekurangan gizi, akan tumbuh menjadi anak kurus dan sakit-sakitan.

Sama juga dengan yang terlahir dari ibu kelebihan berat badan, akan tumbuh menjadi anak yang mudah sakit dan rentan obesitas.

Kesehatan masa depan sangat terkait dengan kesehatan bayi ketika lahir dan keterikatan anak dengan sang ibu. Ibu hamil yang tak mendapat asupan makanan cukup dan bergizi cenderung melahirkan bayi dengan berat kurang dari rata-rata, 2,5 kilogram ke bawah.

Wanita hamil yang kekurangan gizi akan menyebabkan janin mengalami gangguan pembentukan organ, seperti pankreas. Jika fungsi pankreas terganggu, produksi hormon insulin pun terganggu.

Kondisi ini yang kemudian mengakibatkan gangguan metabolisme glukosa. Ketika lahir, bayi terprogram menjadi orang dengan masalah metabolisme gula, yang resiten terhadap insulin, sehingga rentan terhadap penyakit gula darah dan sindrom metabolik, di mana perut tampak gemuk, tekanan darah tinggi, dan berisiko jantung

Ibu yang kurang gizi akan melahirkan anak yang kurang gizi. Dan jika kebiasaan ini tidak diatasi sejak awal, maka anak akan menghasilkan keturunan yang sudah terprogram dengan sistem kerja tubuh yang tidak sehat.

Sistem kerja organ sudah terprogram sejak masih janin. Sistem ini memengaruhi pertumbuhan otak, organ tubuh, serta metabolisme yang berhubungan dengan hormon.