Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Saat ini penyakit jantung semakin tidak mengenal usia, orang yang masih muda bisa terkena penyakit jantung. Untuk itu ketahui langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar jantung tetap sehat.

Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi bagi perempuan maupun laki-laki. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari faktor risiko dan mengenal gejala yang muncul.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat:

Menjaga kolesterol

Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh sehat yang memproduksi membran sel dan beberapa hormon. Tapi jika terlalu banyak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koronen dan serangan jantung.

LDL (kolesterol jahat) yang terlalu banyak di dalam darah bisa membentuk plak dalamarteri yang membuatnya jadi kurang fleksibel. Jika arteri sempit, serangan jantung atau stroke bisa terjadi.

Tinggalkan rokok

Banyak studi menunjukkan rokok adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, karena bisa meningkatkan tekanan darah dan cenderung membuat darah membeku.

Risiko perokok kena penyakit jantung adalah 2-4 kali lipat lebih besar ketimbang non-perokok. Jika setelah operasi bypass masih merokok, maka berisiko kena masalah jantng berulang.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, menari atau berjalan kaki bisa membantu jantung tetap sehat. Menurut American Heart Association, orang berusia di atas 18 tahun sebaiknya mendapatkan waktu 30 menit untuk aktivitas fisik dan setidaknya 5 hari dalam seminggu.

Pola makan sehat dan seimbang

Pola makan yang benar sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat. Diet sehat disini memiliki penekanan pada lemak sehat, buah-buahan dan sayuran, serta mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari.

Konsumsi ikan 3 kali seminggu

Ikan seperti salmon, tuna dan mackerel memiliki asam lemak omega 3 yang dikonsumsi 3 kali seminggu sangat baik untuk melawan penyakit jantung. Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung.