Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Dehidrasi Supaya Tak Cepat Haus

Tubuh manusia 70 persennya adalah air, sehingga perlu menjaga tubuh tetap terhindrasi untuk membuat tubuh berfungsi dengan benar. Ada beberapa makanan yang banyak mengandung air dan membuat Anda tak cepat haus.

Kehilangan cairan tubuh atau dehidrasi kadang tidak disadari. Kebanyakan orang hanya berpikir harus minum air ketika merasa haus. Padahal minum saat sudah kehausan adalah tanda tubuh sudah dehidrasi.

Efek dehidrasi antara lain sakit kepala, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, ketegangan dan kecemasan.

Nah, ada beberapa jenis makanan yang dapat mencegah terjadi dehidrasi dan membuat Anda tak cepat haus. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut ini:

Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau segar menyediakan nutrisi yang membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dan tidak terlalu berat dengan makanan lain. Lebih baik makan sayuran mentah. Memasak sayuran akan mengeluarkan kelembaban alami dan mengurangi kandungan air.

Sup atau kaldu berbasis air

Sup atau kaldu dapat memberikan beberapa cairan yang dibutuhkan tubuh. Cobalah sup ayam sayur, jika Anda tidak suka ayam maka cobalah sup sayuran.

Buah-buahan segar berair

Berikut adalah berbagai buah-buahan yang dapat Anda pilih jika Anda tidak minum air yang banyak. Buah yang terbaik adalah semangka, yang memiliki kadar air maksimal di dalamnya. Buah-buahan segar akan memberikan hidrasi yang diperlukan agar tubuh merasa lebih baik dan lebih sehat.