Demam Tanpa Penyebab yang Jelas

Penyebab Demam Tanpa Penyebab yang JelasDEFINISI

Demam Yang Tidak Diketahui Penyebabnya (Fever of Unknown Origin, FUO) pada anak-anak terjadi jika pengukuran suhu tubuh badan melalui rektum, yang dilakukan minimal sebanyak 4 kali selama minimal 2 minggu, menunjukkan angka 38,5° Celsius dan tidak diketahui penyebabnya.

Demam jangka pendek seringkali terjadi pada anak-anak akibat infeksi saluran pernafasan; FUO merupakan demam yang berlangsung lebih lama. Demam yang berlangsung lama bisa merupakan petunjuk dari suatu penyakit yang serius, yang memerlukan pemeriksaan medis Iebih luas.

PENYEBAB

Di AS, sekitar 50% kasus FUO pada akhirnya didiagnosis sebagai suatu infeksi. Infeksi ini berlainan, tergantung kepada usia anak. Pada 65% anak yang berumur kurang dari 6 tahun, penyebabnya adalah infeksi virus, terutama pada saluran pernafasan bagian atas (sinus, hidung dan tenggorokan). Pada anak yang berumur Iebih dari 6 tahun, cenderung Iebih banyak ditemukan infeksi pada lapisan jantung (endokarditis) atau mononuleusis infeksiosa. Pada anak berumur lebih dari 6 tahun, 20% dari FUO disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti artritis rematoid juvenil, penyakit peradangan usus dan lupus eritematosus sistemik.

Kanker, terutama leukemia atau limfonia, merupakan 10% dari penyebab FUO. Pada 10% kasus, penyebabnya berupa alergi obat, sindroma Kawasaki, penyakit genetik dan peradangan pada berbagai organ (misalnya tulang, kelenjar tiroid, pankreas atau otak dan korda spinali). Pada 15% kasus, penyebabnya tidak pernah diketahui, meskipun telah dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh.