Stem Cells Bisa Dibuat dari Darah

Stem Cells Bisa Dibuat dari DarahUNTUK mengobati berbagai penyakit, darah seorang pasien digunakan untuk membuat sel induk pribadi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stem Cells, Translational Medicine, sel-sel yang digunakan untuk membangun pembuluh darah.

Menurut tim peneliti dari Cambridge University, ini bisa menjadi salah satu sumber paling mudah dan paling aman dari stem cell. Namun, para ahli memperingatkan bahwa keamanan menggunakan sel induk tersebut masih belum jelas.

Stem cells adalah salah satu harapan besar dari penelitian medis. Stem cells dapat berubah menjadi semua jenis sel tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Salah satu sumber stem cells adalah embrio. Namun, hal tersebut masih sangat kontroversi. Karena itulah para peneliti terus mencari metode lain satu dengan mengambil sampel darah dan mengubahnya menjadi sel batang.

“Kami sangat senang telah mengembangkan metode praktis dan efisien untuk menciptakan sel induk (stem cells) dari jenis sel yang ditemukan dalam darah,” kata Dr. Rana Amer, seperti yang dilansir BBC.

Rana mengatakan, sel juga tampaknya lebih aman untuk digunakan daripada yang terbuat dari kulit. “Fakta tampaknya cukup stabil sangat menjanjikan,” katanya.

Hasil penelitian ini bahkan mendapatkan pujian. The British Heart Foundation mengatakan sel-sel ini memiliki “potensi besar”. Sementara The Medical Research Council mengatakan bahwa ada “kemajuan pesat” yang dibuat dalam bidang kedokteran.