Cara Alami Mengobati Kaki Bengkak

Cara Alami Mengobati Kaki BengkakBengkak adalah pembesaran atau protuberansi pada tubuh. Bengkak merupakan salah satu dari lima ciri utama. Seperti, peradangan bersama dengan panas, rasa sakit, warna kemerahan serta disfungsi.

Bengkak dalam bahasa kedokteran disebut edema. Bengkak dapat terlihat pada tungkai, tangan, perut, paru dan kaki. Bengkak merupakan penumpukan cairan di jaringan bawah kulit atau organ tubuh.

Bengkak di kulit muka, kaki, tangan, tungkai, punggung, pinggang, atau di bawah kulit lainnya disebut edema. Sedangkan bengkak perut disebut juga asites dan bengkak di jaringan paru disebut sebagai edema paru.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kaki dan pergelangan kaki menjadi bengkak atau edema. Contohnya gara-gara obesitas, tekanan darah tinggi, atau ibu sedang hamil.

Edema sendiri merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh mengalami masalah melawan daya gravitasi, sehingga menyebabkan darah dan cairan berkumpul di area kaki.

Edema memang tidak begitu berbahaya, akan tetapi rasanya cukup tidak nyaman jika digunakan untuk berjalan. Untuk menyembuhkan kaki bengkak secara alami, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

Suplemen magnesium

Kekurangan suplemen magnesium dapat memicu bengkak pada kaki. Cobalah untuk mengonsumsi suplemen magnesium secara teratur. Tetapi jika sedang hamil, ada baiknya mengonsultasikan masalah tersebut kepada dokter.

Yoga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan yoga adalah salah satu cara untuk menggerakkan tubuh serta fokus pada sistem sirkulasi. Beryoga pun cukup mudah untuk dilakukan, misalnya dengan mengambil kelas yoga ataupun belajar sendiri dari video.

Air tonik

Rendam kaki yang mengalami bengkak dalam air tonik (minuman berkarbonasi yang mengandung kina). Cara alami tersebut mampu mengurangi inflamasi yang terjadi pada kaki serta pelan-pelan menyembuhkan bagian yang bengkak.

Minyak grapefruit

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan kaki bengkak salah satunya dengan menggunakan minyak buah grapefruit. Pertama mandi atau berendam dalam air yang diberi beberapa tetes minyak grapefruit. Atau bisa juga menggosokkan secara langsung minyak grapefruit pada kaki yang bengkak.

Air garam

Sama seperti minyak grapefruit, air garam juga dapat dijadikan alternatif untuk menyembuhkan kaki bengkak. Apabila bengkaknya cukup parah pilihan mandi atau berendam menggunakan air yang telah dicampur dengan garam lebih baik agar kaki bisa sembuh seperti sedia kala.

Massage (pijat)
Jangan pernah malu menceritakan masalah kaki bengkak Anda pada ahli massage. Mereka akan tahu cara untuk menyembuhkannya dalam waktu yang cukup singkat. Untuk ibu hamil cobalah menghubungi ahli massage atau ahli pijat yang khusus menangani ibu hamil.

Stocking kesehatan

Ada banyak stocking kesehatan yang dijual di pasaran dan memang disarankan untuk dipakai demi mengatasi kaki yang bengkak. Anda pun bisa mempertimbangkan untuk membeli stocking kesehatan ini.

Tinggikan posisi kaki

Karena gravitasi merupakan penyebab edema, cobalah untuk mengangkat atau memposisikan kaki lebih tinggi dari bagian tubuh Anda. Contohnya berbaring di kasur dan kaki diberi penyangga bantal yang agak tinggi.

Berenang
Berenang juga dapat membantu Anda menyembuhkan kaki yang sedang bengkak. Sebab berenang membuat kaki terus bergerak dan mengapung di air membantu tubuh melawan daya gravitasi dengan lebih baik.

Minum air putih
Terakhir  jangan malas minum air putih agar kaki tidak bengkak. Jika Anda bosan minum air putih, Anda dapat menambahkan mentimun dan lemon sebagai bahan campuran. Sebab kedua makanan tersebut yaitu agen anti inflamasi yang baik.

####

Itulah berbagai cara alami untuk menyembuhkan kaki bengkak. Jika sakit berlanjut, jangan segan menghubungi dokter.